Monday, August 10, 2009

MEMPERBAIKI STIK RUSAK TRIK UNTUK KABEL PUTUS

Sering kali dialami kerusakan stik Ps terjadi karena kabel putus, ini bisa dideteksi dari dinantaranya lampu pada stik tidak menyala dan tombok stik di tekan tidak ada reaksi sama sekali. Atau kadang mau nyala kadang mati sendiri.
Buat pengelola rental Ps hal ini akan sangat merugikan sekali kalau tidak bisa memperbaiki sendiri. Jangan sampai karena kerusakan semacam ini terus anda harus lari ke tukang service Ps, setidaknya jangan langsung main ganti kabel walaupun itu anda mampu mengerjakan sendiri. Postingan saya terdahulu disarankan untuk di potong ujung kabel sekitar 15 cm di dekat stik karena kabel putus paling sering terjadi disini, ini memang cukup manjur tapi kalau kabel bukan yang orisinil tetap saja gak akan tahan lama akhirnya putus lagi.
Berdasarkan pengalaman bahwa kabel stik putus ini disebabkan karena kurang lenturnya bahan yang dipakai terutama untuk bahan pembungkusnya, maka dari itu kita harus mampu membuat kabel ini lebih lentur ( bandingkan dengan kabel Orisinil ). Caranya sangat sederhana sekali yaitu dengan mengganti pembungkus kabel ini dengan selang bening dengan diameter sama dengam kabel stik, selang ini bisa kita beli di took bahan bangunan atau toko Aquarium / ikan hias.
Sebenarnya sudah banyak yang membahas masalah ini ada yang menyarankan untuk isi kabel diganti dengan kawat email (bisa dibeli ditoko elektronika / bekas bongkaran trafo ), tapi proses ini akan menjadi sangat rumit dan hasilnyapun masih akan terasa kaku.
Cara terbaru dan cukup ampuh ini, yaitu dengan memotong kabel dan setelah dipastikan tidak terputus di dalam atau kalau ada yang terputus coba di kupas kulit kabel tersebut kemudian bagian yang putus disambung kembali (pake soldier). Setelah semua yakin baik tidak ada yang terputus lagi, langsung aja bagian yang kita kupas tadi kita masukkan kedalam selang.



Jadi disini kita tidak mengganti isi kabel cukup kita sambung yang terputus dan kita masukan ke dalam selang. Ini jauh lebih awet dari pada sekedar memotong kabel saja. Panjang selang bisa disesuaikan dengan kupasan kabel jika ada isi kabel yang terputus, jika tidak ada yang terputus coba kupas sekitar 20 – 30 cm dan ganti dengan selang.
Selamat mencoba dan terus berkreasi terus…….
By Cia-Cia Playstation





No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails